Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi
menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal (unit tambahan)
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal (unit tambahan)
Input device berfungsi sebagai
media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan
input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
- Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan
oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan
dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini
adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard
standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard
ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa
jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
2.Mouse
Mouse
pertama kali ditemukan pada tahun 1963, oleh seorang penemu Amerika dari
Stanford Research Institute, bernama Dr. Douglas C. Engelbart. Mouse yang
pertama merupakan sebuah perangkat yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu,
memiliki satu tombol kecil di sebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda
besi kecil di dalamnya. Saat itu, alat ini diberinama resmi “X-Y position
indicator for a display system” (Indikator posisi X-Y untuk sebuah system
tampilan). Karena bentuknya yang memiliki kabel panjang, dan menyerupai seekor
tikus, alat ini kemudian dipanggil “mouse” (Tikus). Kursor di layar pun
sebenarnya mempunyai nama “bug” (serangga). Tapi nama ini tidak menjadi terlalu
populer. Pada
awalnya, Douglas mencoba untuk menemukan Pointing Device (Alat penunjuk) yang
lain, seperti alat yang digerakkan oleh dagu atau hidung. Akan tetapi,
mouse-lah yang dianggap paling sederhana dan paling mudah untuk digunakan. Mengenai
mouse ini, kemudian dikembangkan oleh perusahaan komputer Apple, Inc.
(Pengembang system operasi Macintosh). Maka dari itu, Apple-lah yang akhirnya
mendapatkan paten dari penggunaan mouse.
3.Touch Pad
Unit masukkan
ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball. Touch pad
mulai diperkenalkan di laptop pada awal tahun 1990-an. Pada saat itu masih
terjadi kebingungan terhadap produk tersebut dalam menyebutnya.Tidak ada
istilah yang konsisten digunakan dan beragam referensi, seperti glide point,
perangkat sentuh sensitif masukan, trackpad, dan alat penunjuk.sampai akhirnya
disebutlah touchpad.
Tujuan diciptakannya touchpad adalah
memudahkan pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan yang cukup
luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad user masih dapat
menggunakan komputer (notebook/netbook) dimana saja walaupun di tempat yang
sempit pula. Seperti halnya dengan mouse yang mempunyai tombol kiri dan kanan,
toucpad pun punya tombol kiri dan kanan pada bagian bawah nya tetapi doubel
klik bisa dilakukan pada landasan touchpad dengan cara mengetuknya dua kali.
Mouse yang banyak beredar dipasaran pastinya terdapat sebuah scroll yaitu
sebuah roda yang berfungsi menggulung halaman dilayar, ditouchpad pun ada
fasilitas scroll tetapi tidak semua touchpad ada fasilitas scroll tergantung
pada pabrik pembuat.
4.Light Pen
Light pen adalah pointer
elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen
(monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke
komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam
enam sinyal elektronik setiap baris per detik. Light pen pertama kali
diciptakan sekitar tahun 1952 sebagai bagian dari proyek Whirlwind di MIT
(Massachusetts Institute of Technology), di bawah kepemimpinan Jay Forrester.
Selama tahun 1960-an light pen yang umum di terminal grafis seperti IBM 2.250 ,
dan juga tersedia untuk 3270 IBM terminal teks saja. light pen mulai gunakan
selama awal 1980-an. Dengan menggunakan lightpen, kita dapat langsung memasukan
data, baik berupa angka maupun huruf ke dalam CPU melalui layar monitor.
Walaupun menggunakan lightpen, tombol-tombol pada keyboard masih dibutuhkan
juga antara lain untuk mensetting angka atau huruf menurut jenis huruf yang
terdapat pada komputer dan waktu eksekusi.
Lightpen merupakan inovasi terbaru dari perangkat input karena alat ini digunakan seperti layaknya kita menulis pada sebuah kertas. Pada lightpen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara lightpen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa dipakai melainkan monitor khusus yang memiliki kabel penghubung dengan lightpen, misalnya Notebook Sharp menghubungkan lightpen dengan sebuah kabel halus ke komputer dan lightpen tersebut digunakan untuk menuliskan pada sebuah bidang daftar atau tidak dituliskan ke layar monitor. Pengunaan lightpen ini biasanya menggunakan program untuk rancang bangun, misalnya CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).
5. Joy stick and Paddle Games
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer. Joystick mulai dikenal pada abad 20-an
pada waktu itu nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Kemudian joystick berkembang menjadi
alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara
Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel
H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator
untuk mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol
on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan
dari joystick kepada proyektil via radio. Pada tahun 1960 penggunaan joysticks
menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem
radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964).
Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para
pemakai lain. Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan
Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan
joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun
1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang
pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan
teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer
(hardware).
Barcode termasuk dalam unit masukan (input
device). Pada tahun 1932, Wallace Flint membuat sistem pemeriksaan barang di
perusahaan retail. Awalnya, teknologi barcode dikendalikan oleh perusahaan retail,
lalu diikuti oleh perusahaan industry. Lalu pada tahun 1948, pemilik toko
makanan lokal meminta Drexel Institute of Technology di Philadelphia untuk
membuat sistem pembacaan informasi produk selama checkout secara otomatis.
Kemudian Bernard Silver dan Norman Joseph
Woodland, lulusan Drexel, bergabung untuk mencari solusi. Woodland mengusulkan
tinta yang sensitif terhadap sinar ultraviolet. Prototype ditolak karena tidak
stabil dan mahal. Tangal 20 Oktober 1949 Woodland dan Silver berhasil membuat prototipe
yang lebih baik.Akhirnya pada tanggal 7 Oktober 1952, mereka mendapat hak paten
dari hasil penelitian mereka. 1966: Pertama kalinya barcode dipakai secara
komersial adalah pada tahun 1970 ketika Logicon Inc. membuat Universal Grocery
Products Identification Standard (UGPIC). Perusahaan pertama yang memproduksi
perlengkapan barcode untuk perdagangan retail adalah Monach Marking. Pemakaian
di dunia industri pertama kali oleh Plessey Telecommunications. Pada tahun
1972, Toko Kroger di Cincinnati mulai menggunakan bull’s-eye code. Selain itu,
sebuah komite dibentuk dalam grocery industry untuk memilih kode standar yang
akan digunakan di industry.
7.Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Sejarah
perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya
menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical
Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang
ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk
teks. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley lahir di
Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943
lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga
ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse
Axial (ACTA).
Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif. Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.
8.Microphone and Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Sejarah awal Headphone/Headset berawal pada tahun 1910
yang dibuat oleh Nathaniel Baldwin. Ia adalah seorang montir listrik dan
operator kompresor udara, sebelumnya ia sebagai mahasiswa di Stanford
University. Banyak orang yang belum membutuhkan headphone karena seperti
layaknya penemu-penemu pada zaman itu akhirnya ia menjual ke United States
Navy. Pada tahun 1919 sensitive airphone digunakan umumnya
untuk radio. Keadaannya belum sebagus sekarang. Gangguan atau noise masih
banyak dan kualitas suaranya pun masih kasar atau mentah. Sebelumnya, Amerika
Serikat yang mengetahui teknologi penemuan Baldwin itu langsung menggunakan
penemuannya, memproduksi 100 buah headset ketika Perang Dunia ke-1 untuk komunikasi
dengan pilot. Sehingga pada masa itu produksi headset ditujukan untuk
penerbangan.
Masyarakat semakin sadar atas teknologi ini, pada tahun 1961
pilot-pilot memakai headset karena ringan dan nyaman. Headset pertama kali
digunakan untuk pesawat telepon pada tahun 1970. Di tahun 1986, terdapat
teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan headset untuk
melindungi pendengaran pilot dari kebisingan. Ketika itu, juga terkenal
produksi ear canal earphones dengan active noise control untuk pertama kali.
Setelah itu, hanya alat sensitive earphone tersebut satu-satunya cara untuk
mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan.
9.Harddisk
Hard
disk pertama kali yang diciptakan oleh IBM pada tahun 1956, memiliki berat
500Kg dan hanya memiliki kapasitas sebesar 5MB. Media penyimpanan seperti ini
membutuhkan sebuah kompressor udara bertekanan dan belum bias di gunakan di
rumah-rumah. Hard disk ini biasanya di sewakan kepada perusahaan", untuk
jangka waktu tertentu. dengan biaya penyewaan $5000 US dollar/bulan.
Open Hard Disk atau dikenal dengan nama IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11
oktober 1962, Harddisk ini dapat menyimpan 2 juta karakter pada disk pack yang diganti.
Ketebalan Hard Disk mencapai 4 Inchi, berat 4,5Kg, dan memiliki 6 disk yang
berukuran 14 inchi dan 10 permukaan yang dapat ditulis. Dibandingkan Hard Disk
yang sebelumnya, HDD ini jauh lebih ringan meskipun ukuran nya masih tergolong
besar.Pada tahun 1973, IBM memulai program Winchester dengan piringan berputar
yang terpasang permanen, Mekanisme loading menjadi masalahnya, demikian juga
kemiripan nama HD tersebut dengan nama sebuah senjata (Winchester), sehingga
HDD ini sempat diperdebatkan pada saat itu.Pada tahun 1979 Winchester 8 inci
diciptakan. Harddisk Winchester pertama untuk industri, harddisk ini masih
sangat berat dan mahal, harganya sekitar 1000 euro/Mb.Pada tahun 1980 Seagate
meluncurkan Harddisk dengan ukuran 5,25 inci pertama kepasaran yang bernama
ST506 (6mb) dan memiliki kecepatan akses 3600rpm. Harga Harddisk ini berkisar
1000 $. Pada tahun 1989,
Western Digital membuat standar IDE (Integrated Drive Electronics) untuk semua
ukuran Harddisk.
Harddisk
berkembang sangat pesat dimulai pada tahun 1997. Hal itu ditandai dengan adanya
Giant Magnet Resistance (GMR) yang ditemukan oleh Peter Gurnberg, dengan
DTTA-351680, IBM dapat mengatasi batasan kapasitas 10GB. Pada tahun 2001,
Maxtor memperkenalkan harddisk Maxtor VL40 32049h2, dengan kapasitas 20 GB. HDD
ini masih tergolong besar pada saat itu. Pada tahun 2004, Seagate meluncurkan
Hard disk SATA pertama dengan Native Command queing. kapasitas HD ini sudah
mencapai 120GB. Dibandingkan dengan tahun - tahun sebelumnya, kapasitas HDD
meningkat hingga 6 kali lipat.
Perkembangan
Harddisk terus melaju dan satu tahun setelah hard disk SATA diluncurkan
tepatnya pada tahun 2005 Samsung memperkenalkan sebuah hybrid hard disk 2.5
inci, HD ini menggunakan komponen mekanis magnetis dan NAND flash memory yang
berfungsi sebagai buffer yang cepat. Pada tahun 2006 Seagate kembali
meluncurkan sebuah hardisk HD 2.5 inci Penperdicular Recording, Momentus
5400.3, berkapasitas 160 GB yang menggunakan teknik vertical rebording.Pada
tahun 2007 Hitachi meluncurkan DeskStar 7K1000 Harddisk Terabyte pertama ke
pasaran, dengan kapasitas 1000GB, atau 1 TeraByte. Dibanding pada setahun
sebelumnya, kapasitas HDD meningkat hampir 10 kali lipat.
1 komentar:
Buka web ini, eh ada muskinya. Alhamdulillah ya
Posting Komentar